Jangan Membiarkan Anak Bermain Game Terlalu Lama, Bisa Fatal Akibatnya

Bermain Game Terlalu Lama Bisa Fatal Akibatnya

Jangan Membiarkan Anak Bermain Game Terlalu Lama, Bisa Fatal Akibatnya

Brondat.com - Kemajuan teknologi memang sudah tidak bisa terbendung lagi di zaman sekarang ini terutama perkembangan di bidang smartphone. Selalu saja ada keluaran smartphone yang terbaru dengan fitur-fitur yang lebih baik dari sebelumnya.
Gadget yang satu ini memang bukan barang mewah lagi. Hampir semua orang mempunyai smartphone dari orang dewasa sampai anak kecil bahkan balita sudah tidak asing lagi dengan smartphone. Harganya terbilang cukup murah bahkan dengan ratusan ribu rupiah saja sudah bisa membawa pulang smartphone Android. 

Smartphone memang memberikan banyak dampak yang dapat mempermudah kehidupan manusia. Mulai dari alat komunikasi, akses informasi, media sosial hingga gaming dapat dilakukan dengan gadget ini. Hal tersebut membuat banyak orang kecanduan dan tidak bisa lepas dengan benda yang satu ini. Bukan hanya orang dewasa, tak sedikit anak-anak kecanduan dengan gadget yang tentu memberikan efek yang sangat buruk bagi kesehatan.
 Kejadian mengerikan dialami oleh seorang anak di Zhejiang, Tiongkok. Anak yang berusia 13 tahun tersebut kehilangan kendali dan membenturkan kepalanya di dinding sekolah. Guru dan teman-temannya bahkan menganggap dia sudah gila. Bayangkan saja tiba-tiba teman sekelasmu mendadak membenturkan kepalanya ke dinding.

Awal tahun 2019 lalu sang ibu memberikan anak smartphone untuk anaknya sebagai hadiah untuk mempermudahkan komunikasi karena orangtuanya sibuk bekerja. Mulai saat itu si anak hampir tiap hari bermain dengan ponselnya hingga larut malam bahkan sampai begadang. Ha tersebut membuat kesehatannya memburuk.

Ensefalitis adalah peradangan yang terjadi pada jaringan otak yang dapat menyebabkan gejala gangguan saraf. Gejala gangguan saraf yang ditimbulkan dapat berupa penurunan kesadaran, kejang, atau gangguan dalam bergerak.

 Penyakit ini tergolong baru yang mengganggu sistem kekebalan tubuh pada sistem saraf pusat dan menyebabkan gangguan kognitif.

Akhirnya si anak mulai membaik setelah diberikan perwatan intens dan sudah mengenai orangtuanya dan bisa berbicara lagi. Pada hari ke 12 si anak sudah boleh pulang karena kondisi kesehatannya sudah meningkat drastis. Dokter mengatakan penyebab penyakitnya adalah karena kebiasaan menggunakan ponsel hingga larut malam.
Pelajaran bagi kita semua supaya menggunakan ponsel dengan bijak dan tidak berlebihan. Karena yang berlebihan itu tidak baik. Selalu awasi anak ketika bermain dengan ponselnya.

Source :

https://www.worldofbuzz.com/13yo-boy-used-his-phone-so-much-he-banged-his-head-nonstop-on-wall-became-mentally-disabled/

http://alodokter.com/radang-otak

https://palingseru.com/162177/gara-gara-kelamaan-main-hp-anak-13-tahun-ini-mendadak-gila-dan-menjadi-tak-terkendali