Makanan Khas Jogja Dengan Sensasi Manisnya

Makanan Khas Jogjakarta

Makanan Khas Jogja Dengan Sensasi Manisnya
Malioboro - Travelingyuk.com

Brondat.com - Jika berkunjung di Jogjakarta jangan lupa mampir di tempat makanan khasnya, apa saja makanan yang dapat kamu bawa untuk oleh-oleh? Yuk langsung saja simak daftar makanan tersebut.

1. Bakpia

Kalau belum tahu bisa dilihat pada gambar diatas. Udah pernah dengar kan apa itu bakpia. Bakpia semacam kue ada yang kering dan ada yang basah. Biasanya dalamnya diisi kacang hijau, kacang tolo, dan tergantung permintaan pembeli. Soalnya sekarang isi dalamnya bervariasi ada yang coklat, ubi jalar, ubi ungu, dan sebagainya. Mengikuti pasaran yang sedang ngetren dan permintaan saat itu.

2. Gudeg

Kalau yang ini terbuat dari nangka muda. Kagak usah dijelasin panjang lebar ya? Singkat aja ya? Gudeg ada dua macam yaitu yang kering dan basah. Kalau kering gak cepat basi alias awet. Nah kalau makan gudeg biasanya ditemani sambal, nasi, dan krecek. Dijamin bakal nagih apalagi gudeg yang kering. Pasti kalian udah pada paham dan jelas sama makanan yang satu ini.

3. Geplak Gula Jawa

Ini nih buat yang belum tahu mungkin akan dikira makanan berjamur, padahal makanan ini ditaburi tepung beras. Terbuat dari kelapa dan gula jawa. Warna coklat dan rasanya juga manis. Bentuknya mamanjang.

4. Geplak Gula Pasir

Hampir mirip dengan Geplak Gula Jawa, bahan dasarnya juga sama pakai kelapa. Namun bedanya tidak memakai gula jawa, tetapi memakai gula pasir. Warnanya pun juga beda, kalau geplak gula pasir ini agar tidak terlihat putih semua diberi pewarna makanan merah, hijau, kuning, dan sebagainya. Nah, kalau yang geplak gula pasir bentuknya bulat tidak beraturan.

5. Yangko

Makanan ini berbahan dasar beras ketan yang sudah dihaluskan. Untuk menarik konsumen makanan ini diberi perisa makanan biasanya yang digunakan perisa buah seperti pisang, durian, nangka, dan sebagainya.

 

Buat Anda yang ingin liburan di Jogja. Jangan lupa beli oleh-oleh makanan tersebut! Untuk melengkapi liburan Anda, kalau liburan gak bawa oleh-oleh rasanya gak lengkap.

Yang belum pernah ke kota pelajar, Ayo segera datang untuk menikmati wisata maupun kuliner! Jangan lupa bawa foto dokumentasinya untuk oleh-oleh! Jangan cuman sekedar oleh-oleh makanan aja ya.