Polisi Hongkong Mengungkap Lab Bahan Peledak

Polisi Hongkong Mengungkap Lab Bahan Peledak

Polisi Hongkong Mengungkap Lab Bahan Peledak
Polisi Hongkong

Brondat.com - Polisi Hongkong,pada hari sabtu (20 Juli) mengatakan mereka telah menemukan sebuah laboratorium yang memproduksi bahan peledak berkekuatan tinggi juga selebaran pro-kemerdekaan, sebuah penemuan yang bersamaan ketika kota itu diguncang oleh protes politik yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Polisi mengatakan mereka memasuki sebuah bangunan industri di distrik Tsuen Wan pada Jumat malam dan menangkap seorang pria berusia 27 tahun.

"Kita sedang berurusan dengan laboratorium yang membuat bahan peledak berkekuatan tinggi, khususnya TATP," Superintendent Alick McWhirter, seorang spesialis regu bom, mengatakan kepada wartawan pada hari Sabtu.

"Ini adalah peledak yang berkekuatan tinggi yang sangat sensitif dan sangat kuat. Ini dapat menyebabkan kerusakan luar biasa saat digunakan," tambahnya.

Perakitan TATP membutuhkan keterampilan khusus, dan sudah digunakan dalam sejumlah serangan teror besar, termasuk pemboman bunuh diri London 2005 dan serangan Paskah yang mematikan baru-baru ini di hotel dan gereja di Sri Lanka awal tahun ini.

McWhirter mengatakan timnya telah mengamankan satu peledak yang sudah siap diledakkan dan berharap untuk menemukan unit lainnya, karena TATP yang mereka temukan tidak stabil dan mudah meledak.

Barang bukti yang juga dipajang oleh polisi setelah serangan itu termasuk sebuah kaus dengan logo Front Nasional Hong Kong, sebuah kelompok pro-kemerdekaan, serta selebaran yang terkait dengan protes anti-pemerintah besar-besaran yang saat ini melanda pusat keuangan internasional.