Telah Ditemukan Candi Yang Diduga Lebih Besar Dari Borobudur

Diperkirakan Lebih Besar Dari Borobudur

Telah Ditemukan Candi Yang Diduga Lebih Besar Dari Borobudur

Brondat.com, Magelang – Gelar candi terbesar di Indonesia sepertinya bakal lepas dari Candi Borobudur. Pasalnya Warga Dusun Gendungan, Desa Kalibening, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang menemukan situs candi yang diduga lebih besar dari Candi Borobudur.

Situs tersebut pertama kali ditemukan oleh Sumarlan Sastra Sudarmo (74) saat mencangkul di sawah. Sumarlan kemudian memberitahukan hal ini kepada Kepala Desa Kalibening, Nurbiyanto.

“Saat mencangkul tiba-tiba, cangkul saya mengenai sebuah batu. Setelah saya gali, ternyata sebuah lumpang kuno,” kata Sumarlan dilansir dari Kabarmagelang.

Nurbiyanto kemudian mengerahkan warga dan perangkat desa untuk melakukan penggalian. Dari penggalian mereka menemukan banyak benda-benda kuno seperti lumping, yoni, gandik, relief dan juga patung.

Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah Tri Hartono, mengakui adanya penemuan situs kuno, dan sudah meninjau langsung di lokasi.

“Perkiraan bangunan kuno berupa batuan ini merupakan tempat pentirtaan atau taman sari pada kerajaan Mataram kuno, sekitar abad delapan sampai sepuluh,” terang Tri.

Tri Hartono mengatakan, situs Taman Sari itu luasnya mencapai sekitar satu hektar atau 10 ribu meter persegi memanjang ke selatan. Diperkirakan lebih besar dari Candi Borobudur yang luasnya hanya 2.500 meter persegi atau 0,25 hektare.

Diperkirakan situs itu berupa beberapa taman air, kemudian ditemukan juga situs batu kuno yang pada jaman dulu merupakan komboran kuda.”Diperkirakan di lokasi ini dulu merupakan pemukiman salah satu bangsawan pada jaman Mataram kuno,” ucapnya.