Telah Ditemukan Tulang Dinosaurus Raksasa Seberat 40 Ton, Terbesar di Dunia - Brondat.com

Tulang dinosaurus terbesar di dunia

Telah Ditemukan Tulang Dinosaurus Raksasa Seberat 40 Ton, Terbesar di Dunia - Brondat.com

Brondat.com - Ahli paleontologi baru-baru ini telah menemukan fosil tulang paha dari Sauropoda yang memiliki berat antara 40 hingga 50 ton yang berusia sekitar 140 juta tahun yang lalu.

Fosil paha ini berukuran sekitar hampir 2 meter panjangnya dan ditemukan dalam penggalian di situs paleontologi Angeac-Charente, dekat Châteauneuf-sur- Charente, Perancis. Fosil ini ditemukan pada lapisan tanah liat yang tebal oleh tim penggali sukarelawan dari National Museum of Natural History.

 

Penemuan fosil yang berukuran besar ini termasuk sangat jarang dan langka karena biasanya fosil-fosil berukuran besar akan hancur menjadi fragmen-fragmen yang lebih kecil. Pemiliki fosil ini kemungkinan adalah Turiasauria yang belum teridentifikasi. Salah satu Turiasauria, Turiasaurus, merupakan salah satu sauropoda terbesar yang pernah ditemukan di Eropa yang dapat mencapai panjang 30 meter dengan berat 50 ton.

"Ini adalah penemuan besar," kata Ronan Allain, seorang ahli paleontologi di Museum Sejarah Nasional Paris dalam sebuah wawancara dengan Reuters. "Saya sangat kagum dengan kondisi tulang paha itu pada saat ditemukan."