The DIY Girls - Sekumpulan Gadis 12 tahun Yang menciptakan Tenda Canggih Untuk Para Tunawisma

The DIY Girls

The DIY Girls - Sekumpulan Gadis 12 tahun Yang menciptakan Tenda Canggih Untuk Para Tunawisma

Brondat.com - Daniela Orozco siswi menengah atas di kotanya, selama perjalanan ke sekolah dia selalu mengamati banyaknya tunawisma di sekitar lingkungannya.

Empat tahun kemudian, jumlahnya menjadi lebih banyak lagi. Mereka tinggal di jalan-jalan utama dekat sekolah, di taman terdekat, dan di bawah jembatan di kota asalnya San Fernando, yang berjarak sekitar 20 mil barat laut pusat kota Los Angeles. Di San Fernando Valley, tuna wisma meningkat 36% menjadi 7.094 orang tahun lalu, menurut survey tahunan Badan Layanan Tunawisma Los Angeles. Daniela dan teman-temannya ingin membantu, tetapi memberi uang bukanlah suatu solusi.

"Karena kita sendiri berasal dari keluarga berpenghasilan rendah, kita tidak bisa memberi mereka uang," kata siswa SMA itu.

"Kami ingin menawarkan sesuatu selain uang," teman sekelasnya, Veronica Gonzalez, ikut menimpali.

 

Itu adalah titik awal untuk penemuan mereka: tenda bertenaga surya yang dapat dilipat menjadi ransel. Para gadis dari sekolah menengah ini tidak pernah melakukan pekerjaan rekayasa langsung sebelumnya, tetapi dengan bantuan YouTube, Google, dan coba-coba, mereka dapat menyelesaikannya.

Mereka berharap bahwa suatu hari nanti, tenda mereka akan meningkatkan taraf hidup orang-orang tunawisma di lingkungan mereka.

Gadis-gadis remaja dari SMA San Fernando ini mengerjakan penemuan mereka selama setahun. pada 16 Juni, mereka akan mempresentasikannya di MIT sebagai bagian dari konferensi penemu muda. Para remaja ini memenangkan hadiah sebesar $ 10.000 dari Program Lemelson-MIT untuk pengembangan penemuan.